Rabu, 16 Juni 2010

Apa itu Linux?

Logo LinuxLinux adalah sistem operasi yang disebarkan secara luas dan bebas dibawah lisensi GNU General Public License, yang artinya source code linux tersedia bagi umum dan source code ini juga bisa Anda kembangkan apabila Anda mempunyai kemampuan, itulah salah satu yang membuat linux sangat spesial dibandingkan sistem operasi yang lainnya. Linux termasuk dari 3 Sistem Operasi yang perkembangannya sangat cepat dan pesat selain dari Windows dan Machintos, yang membedakan dari 2 sistem operasi diatas adalah Linux bersifat OpenSource (Source Code pada Linux tersedia bagi umum dan pemakain SO yang free) sedangkan Windows dan Machintos bersifat Lisensi (Source Code tidak tersedia bagi umum dan pemakain SO yang berbayar).

A. Sejarah Linux

Linux dulunya adalah proyek hobi yang dikerjakan oleh Linus Torvalds yang memperoleh inspirasi dari Minix. Minix adalah Sistem Operasi UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew. S Tanenbaum, Beliau ini adalah seorang Profesor yang menggeluti penelitian OS dari Vriji Universitas, Belanda. Dari minix inilah Linux lahir, Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tangga 5 Oktober 1991, Linus Torvalds mengumumkan versi resmi linux yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan BASH (GNU Bourne Again Shell) dan GCC (GNU C Compiler). Sejak saat itu linux terus berkembang dan munculnya Distro Linux (Distribusi Linux) juga turut andil dalam perkembangan Linux. Distro Linux (Distrubis Linux) adalah sebutan untuk sistem operasi komputer dan aplikasinya, merupakan keluarga Unix yang menggunakan kernel Linux, Distro Linux ini seperti Redhat, Ubuntu, Debian, Mandrake, Slackware, dan lain-lain.

B. Logo Linux

Kenapa Linux menggunakan Logo Pinguin? Pemilihan Pinguin sebagai Logo Linux berawal ketika Linus Torvalds sedang berjalan di suatu taman. Pada saat sedang berjalan di taman tersebut tiba-tiba Linus dipatok pinguin, dan sejak dipatok pinguin itu Linus mengalami demam selama beberapa hari. Dari sinilah Linus berfikir bahwa karakter pinguin ini cukup mewakili Linux. Linus berharap pemakainya mengalami demam alias tergila-gila untuk menggunakan dan mengotak-atik Linux. Dan apa yang diharapkan dan dibayangkan Linus itu menjadi sebuah kenyataan. Hampir setiap pemakai saat pertama kali berkenalan dengan Linux menjadi susah tidur, dan menghabiskan waktunya berjam-jam didepan komputer hanya untuk belajar dan bermain-main dengan Linux.

C. Keuntungan Memakai Linux

1. Opensource. Linux merupakan sistem operasi yang Opensource yang artinya Source Code pada linux terbuka untuk umum dan source code ini juga bisa Anda kembangkan untuk memunculkan Linux yang lebih bagus dari sebelumnya.

2. Interaksi Dengan OS Lain. Linux bisa berinterakasi dengan OS lain melalui 3 cara yaitu Kompabilitas file dan file system, kompabilitas network, dan emulasi operating sistem. Anda pasti pernah mendengar bahwa Linux bisa membaca format partition windows (NTFS atau FAT) dan juga file sistem pada windows tetapi sebaliknya windows tidak bisa membaca format partision dan file sistem pada Linux?, inilah yang dimaksud dengan interaksi dengan OS lain tersebut dan inilah yang tidak dimiliki oleh windows.

3. Kemudahan Akses Device. Device di linux umumnya muncul sebagai file. Sehingga program-program bisa membaca dan menulis ke device-device seperti tape drive, modem, terminal, dan sebagainya.

4. Penggunaan Network. Linux juga mensupport penggunaan network, penggunaannya ini tak hanya sesama linux tetapi sudah bisa dengan sistem operasi yang lain seperti windows dan machintos.

D. Kesimpulan

1. Linux menyediakan platform yang sangat maju dan stabil, Linux juga sangat menarik untuk digunakan di lingkungan bisnis, akedemis, maupun pribadi.

2. Keuntungan utama Linux adalah pemgembangan dan support yang terbuka. Bukan tidak mungkin suatu saat nanti Linux bisa melampaui pencampain Windows dan Machintos.

3. Kekurangan utama Linux adalah sedikitnya jumlah peminat yang ingin mencoba sistem operasi ini.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar